Kamis, 28 Oktober 2010

Portable Toilet, Solusi Toilet Bersih di Tempat Umum


Menemukan toilet bersih di tempat umum bukan perkara mudah. Karena rata-rata toilet yang digunakan oleh banyak orang itu jorok, bau dan tidak steril. 

NOFILAWATI ANISA
=================
nofilawatianisa@yahoo.co.id

Kalau kita sedang berada di tempat umum, seperti konser musik, exhibition atau pameran yang dihadiri ribuan orang, fasilitas MCK seringkali dikeluhkan. Berburu toilet bersih yang layak pakai seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Ada toilet, tapi rata-rata jorok, bau dan tidak steril.
Berangkat dari ide inilah Andri Wibowo Susilo membuka bisnis sewa toilet portable. Melalui www.sewatoilet.com, pria asli Bandung ini menawarkan jasa menyediakan portable toilet. "Jangan dianggap toilet portable juga jelek lho. Justru toilet portable itu bersih, sehat, enggak bau dan nyaman," kata Andri.
Portable toilet biasanya digunakan untuk penggunaan temporary dan fleksibel. Biasanya di tempat umum sebagai pengganti toilet permanen. Kelebihannya portable toilet ini tahan terhadap korosi, berbagai kotoran atau lumpur maupun cuaca. Juga mudah dipindah-pindahkan dan mudah sekaligus murah dalam perawatannya.
Portable toilet sewa ala Andri berukuran 1,2 meter x 1,2 meter serta tinggi 2,05 meter. "Satu portable toilet hanya menyediakan satu alat saja. Makanya sebaiknya kalo nyewa dua toilet, supaya antara cowok dan cewek bisa dipisahkan," bebernya.
Ada dua jenis portable toilet yang disediakan Andri. Pertama kelas VIP dengan warna abu-abu disewakan dengan harga sehari Rp 1,75 juta per harinya. Kedua, kelas VVIP. Warnanya orange dan disewakan dengan harga Rp 3 juta per hari. "Yang VIP kita sudah punya sembilan unit. Kalau VVIPnya baru satu unit saja," ujarnya.
Portable toilet dikulak dari Amerika Serikat. Satu unit harganya bisa menembus angka Rp 40 jutaan. Portable toilet yang disewakan Adri sangat lux. Jangan bayangkan di dalamnya hanya ada kloset dan air saja. "Wah, fasilitasnya enggak kalah dengan toilet rumahan, hotel atau mal . Ini lebih eksklusif," tegasnya.
Di dalam portable toilet ada interior tempat tisu, tempat sabun, lampu penerangan, tempat sampah, air untuk membersihkan alat vital maupun untuk menggerojok kotoran hingga bunga plastik. "Pokoknya kita jamin betah buang kotoran di portable toilet," yakinnya.
Sejak diluncurkan dua bulan lalu, portable toilet sudah laris manis. Rata-rata yang nyewa event organizer yang punya hajat besar. "Permintaan luar kota sih banyak. Tapi kita fokus di Surabaya saja dulu," pungkas Andri. (*)

1 komentar:

  1. BioSeven Online - INDONESIA
    JKT: (021) 502 88 232
    SBY: (031) 78 400 430 / 40 222 511
    Cell: 0888 0370 8872
    Email: biosevens@gmail.com
    Website: www.bioseven.net
    Green Environmentally Friendly Products


    BioSeven produsen produk fibreglass untuk kebutuhan industri, perumahan serta kontraktor bangunan seperti : Toilet Portable,

    Septic Tank Bio, Bio STP dengan sistem biotech compaq, Tank FRP, Ground Tank FRP, Panel Tank FRP, Sepeda Air Frp, Grease Trap

    FRP, Rooflight & Gutter, dll..

    BalasHapus