Kamis, 28 Oktober 2010

Pelukis Psing 'Kepung' Surabaya


Dua puluh tiga pelukis Banyuwangi menggelar pameran bareng di tiga tempat sekaligus mulai 24-31 Oktober. Bertajuk Umbul-Umbul Blambangan, pelukis yang tergabung di Komunitas Pelukis Banyuwangi tersebut memamerkan karyanya secara bersamaan di Filadelvia Art Gallery, Galeri Surabaya, serta Gedung Merah Putih. Ada 60 karya yang bisa dinikmati. Semuanya rata-rata mengeksplorasi keindahan sekaligus kekayaan kota yang terkenal dengan budaya Osingnya itu.
Beberapa nama sudah dikenal hingga mancanegara. Namun juga ada nama-nama baru yang kualitas karyanya sangat menjanjikan. Ada nama Huang Fong yang dikenal dengan karya-karya nuansa alam Bali. Lalu ada Mozes Misdy, pelukis impresionis yang sangat getol mengeksplorasi perahu yang sedang bertaruh hidup di pantai. Juga ada nama S Yadi, pelukis yang obyeknya mayoritas mengenai gandrung Banyuwangi. “Enggak semua pelukis yang kita libatkan senior. Juga ada beberapa yang amsih junior,  tapi karyanya enggak kalah sama yang sudah punya nama,” ungkap Freddy Wijaya, owner Filadelvia Art Gallery, kemarin.
Dijelaskannya, sudah delapan tahun Komunitas Pelukis Banyuwangi tidak membuat pameran bareng. Terakhir mereka pameran bersama di Balai Pemuda tahun 2002 lalu bertajuk Salam Tanah Osing (STO). “Praktis setelah STO itu kita sibuk dengan pameran sendiri-sendiri. Baru kepikiran lagi tahun ini,” lanjutnya.
Surya Tara Wijaya, salah satu pelukis junior mengaku bangga bisa dilibatkan dalam proyek kedua Komunitas Pelukis Banyuwangi ini. Pria asli Osing itu menyertakan tiga karyanya. Salah satunya ia beri judul Angel #2. “Yang Angel #1 sudah dibeli orang Jakarta. Yang bagian dua ini masih beberapa bulan lalu saya buat,” kata Surya.
Angel #2 bercerita tentang keinginan seseorang yang bisa hidup lepas sekaligus bebas. Keinginan itu diwujudkan dalam obyek malaikat berbaju besar tampak menembus ruang dan waktu. “Kebebasan yang saya inginkan ya seperti yang di gambar itu. Tidak ada apapun yang menghalangi,” jelasnya. (opi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar